RPP Pembelajaran Kelas Rangkap
Pembelajaran Kelas Rangkap
merupakan model pembelajaran dengan mencampur beberapa siswa yang terdiri dari
dua atau tiga tingkatan kelas dalam satu kelas dan pembelajaran diberikan oleh
satu guru saja untuk beberapa waktu. Pembelajaran kelas rangkap sangat
menekankan dua hal utama, yaitu kelas digabung secara terintegrasi dan
pembelajaran terpusat pada siswa sehingga guru tidak perlu berlari-lari antara
dua ruang kelas untuk mengajar dua tingkatan kelas yang berbeda dengan program
yang berbeda.
Namun murid dari dua kelas
bekerja secara sendiri-sendiri di ruangan yang sama, masing-masing duduk di
sisi ruang kelas yang berlainan dan diajarkan program yang berbeda oleh satu
guru. Pembelajaran Kelas Rangkap adalah suatu bentuk
pembelajaran yang mensyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruangan kelas
atau lebih, dalam saat yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas
yang berbeda (IG.AK.Wardhani, 1998)
Rencana Perangkat Pembelajaran nya pun bervariasi, ada 3 model yakni Model 221, 222, dan 333. Karakternya pun berbeda.
model 221 yaitu 2 mata pelajaran, 2 kelas dalam 1 ruangan. Model 222 yaitu 2 mata pelajaran, 2 kelas dan 2 ruang kelas, sedangkan model 333 terdiri dari 3 mata pelajaran, 3 kelas, dan 3 ruangan.
Sebagai guru yang menghadapi hal semacam ini sepatutnya mengikhlaskan diri untuk mendedikasikan tenaganya untuk mencerdaskan bangsa. Memang harus mengorbankan tenaga maksimal.
RPP Kelas rangkap akan kami bagikan :
Comments
Post a Comment